HOME NEWS UNIK INSPIRASI KESEHATAN ISLAM TIPS SELEB FAKTA or HOAX?
Habis Wudhu, Mana Lebih Utama Dilap Atau Dibiarkan? Inilah Jawabannya…

Habis Wudhu, Mana Lebih Utama Dilap Atau Dibiarkan? Inilah Jawabannya…

Ternyata tesis seperti itu tidak selamanya benar. Kembali kepada sunnah Rasulullah SAW ternyata tidak selalu melahirkan hasil yang sama. Padahal keduanya sudah memenuhi syarat keshahihan dan validitasnya.

loading...

Mari kita sama-sama dalami seperti apa terjadinya perbedaan pendapat yang ternyata bukan semata karena berbeda mazhab atau pemikiran, tetapi justru karena dari ‘sono’nya sudah beda, yaitu dari Rasulullah SAW sebagai sumber syariah Islam.

1. Makruh

Mereka yang berpendapat hukumnya makruh untuk mengeringkan bekas sisa air wudhu’ berhujjah bahwa nanti di hari kiamat, umat Nabi Muhammad SAW dikenali dari bekas sisa air wudhu’.

Dasarnya adalah hadits berikut ini :

إِنَّ أُمَّتِي يُدْعَوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنْ آثَارِ الْوُضُوءِ فَمَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يُطِيل غُرَّتَهُ فَلْيَفْعَل

Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya. Maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, dalam pandangan mereka, bekas sisa air wudhu’ hukumnya makruh bila cepat-cepat dikeringkan.

Di antara para ulama yang memakruhkannya adalah mazhab Asy-Syafi’iyah dan Al-Hanabilah. Mazhab Al-Hanabilah menyebutkan bahwa meninggalkan bekas sisa air wudhu pada badan merupakan keutamaan.

Al-Imam Ibnu Hajar hadits ini terdapat dua makna. Makna yang pertama bahwa yang dimaksud “ghurran muhajjilin” orang yang dibangkitkan dengan wajah yang terang benderang di hari kiamat adalah yang melebihkan air dalam membasuh anggota wudhu.

Baca Selengkapnya dihalaman Selanjutnya:

Halaman: 1 2 3 4 5


Dengan Aplikasi ini kamu bisa baca berita terlengkap setiap hari (Download Sekarang).

BACA JUGA:

loading...

loading...
Berikan Komentar
  Bagikan ke Facebook Saya